Menjadi Muslimah Bercahaya


Cahaya yang sesungguhnya bukan hanya terletak pada cahaya kecantikan paras, tetapi yang terpenting adalah cahaya kecantikan hati, cahaya kecantikan akal, cahaya kecantikan akhlaq, dan cahaya kecantikan iman.

Berbicara mengenai wanita, pasti tidak akan ada habisnya. Ia seolah menjadi sosok yang akan terus menjadi sorotan bagi manusia manapun. Wanita, tidak heran selalu menjadi subjek dari setiap produk perkembangan zaman karena keindahan yang dimiliki. Produk zaman telah berhasil mengubah paradigma wanita, bahwa cantik fisik menjadi modal utama. Segenap manusia berhasil disihir dengan pandangan bahwa wanita cantiklah yang akan sangat bercahaya karena sorotan setiap pasang mata. Sampai-sampai karena pandangan yang salah itu, setiap wanita berlomba-lomba untuk mempercantik fisiknya tanpa memperhatikan aspek lain dalam dirinya. Padahal Islam telah menggariskan pedoman yang sangat jelas untuk menuntun para wanita berjalan pada koridor ketentuan-Nya.

Berbeda dengan wanita biasa, wanita yang telah mengaku Islam sebagai tuntunan hidupnya, akan sangat bahagia bila dipanggil dengan sebutan muslimah. Saya, kamu, dan mereka adalah muslimah yang telah Allah ciptakan dengan sebaik-baik penciptaan. Maka sudah menjadi keharusan bagi setiap muslimah untuk menjaga semua hal yang Allah berikan pada kita dengan kesungguhan. Muslimah harus menepis setiap pandangan yang mengatakan bahwa ia harus terkenal dan bercahaya hanya karena kecantikan dzhohir (fisik) semata. Namun, muslimah dituntut untuk bercahaya pula pada aspek kecantikan lain yaitu kecantikan ghoiru dzhohir (bukan fisik) seperti kecantikan hati, kecantikan akhlaq, dan kecantikan iman.

Bercahaya karena outer beauty itu biasa, namun bercahaya karena inner beauty itu baru luar biasa. Hanya muslimah yang cerdas, yang mampu merawat setiap kecantikan yang telah Allah gariskan dalam dirinya menjadi pancaran cahaya yang begitu indah dilihat. Maka sebagai muslimah, kita harus mengetahui hal apa saja yang dapat dilakukan agar kita mampu menjadi muslimah yang bercahaya di mata-Nya. Saudariku, mari kita cermati bersama hal-hal tersebut sebagai sarana untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan.

1. Bercahayalah karena pancaran kecantikan ruhiyah/iman

Aspek inilah yang utama dan paling utama, wahai muslimah. Sungguh kecantikan ini diperoleh atas dasar hubungan yang kuat dengan Allah, maka teruslah mendekat pada-Nya dengan segala ibadah wajib dan sunnah yang mampu kita kerjakan. Muslimah yang ingin bercahaya karena kecantikan ruhiyah harus selalu meluruskan niat dalam segala aktivitasnya agar ia hanya melakukan semata-mata karena Allah. Kecantikan ruhiyah atau kecantikan iman, akan berbuah pada terpancarnya kecantikan akhlaq. Maka pantaslah seseorang yang menjaga kecantikan ruhiyah diberi gelar tertinggi dengan sebutan wanita sholihah. Sebagaimana yang tercantum pada pesan cinta-Nya, “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholihah.”  (H. R. Muslim)

2. Bercahayalah karena pancaran kecantikan fikriyah/akal

Allah telah memberikan sebaik-baik akal kepada kita sebagai muslimah untuk dapat berpikir, untuk dapat membedakan mana yang baik dan buruk, untuk dapat melihat setiap potensi pada diri agar mampu dikembangkan. Muslimah haruslah cerdas, ia harus selalu mengisi waktunya dengan ilmu, mengisi hari-harinya dengan segala aktivitas yang manfaat, dan ia mampu mengembangkan setiap potensi yang Allah berikan agar menjadi muslimah berprestasi. Dengan begitu, ia akan sangat bercahaya karena cerdas memanfaatkan setiap titik kelebihan yang Allah titipkan.

3. Bercahayalah karena pancaran kecantikan jasadiyah/fisik

Kecantikan jasadiyah ini bukan berarti muslimah harus cantik secara fisik. Namun, saya lebih senang menyebut bahwa muslimah yang bercahaya karena kecantikan jasadiyah adalah seseorang yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan fisik. Pertama, hal yang harus didahulukan adalah kesehatan tubuh. Mengapa? Ya, karena aspek ini sering diabaikan oleh para muslimah bila dibandingkan dengan mengurus kecantikan fisiknya. “Dua nikmat yang banyak manusia lalaikan yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi)

Cara menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan memberikan asupan makanan sehat, bergizi serta halal dan thoyyib. Beristirahat cukup, berolahraga ataupun melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, menghindari stress, menjaga kesehatan lingkungan, serta banyak berpuasa merupakan sederet aktivitas yang dapat pula kita terapkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Kedua, hal yang harus diperhatikan adalah menjaga kecantikan fisik. Menjaga kecantikan fisik yaitu dengan menjaga kebersihan tubuh, merawat tubuh dan wajah, serta menjaga kerapihan dalam berpenampilan. Sesungguhnya setiap muslimah itu cantik, karena Allah telah menciptakannya dengan sebaik-baik rupa. Maka menjaga kecantikan yang Allah berikan, adalah salah satu bentuk rasa syukur atas karunia-Nya.

Gambar

Dengan memperhatikan setiap aspek penciptaan yang Allah berikan, maka muslimah akan menjadi sosok mulia yang menjadi inspirasi bagi siapapun. Muslimah harus mendahulukan penilaian di mata Allah daripada penilaian di mata manusia. Ia harus sadar, bahwa Allah menjadikan kita mulia bukan karena kecantikan fisik semata namun karena ketaqwaan kepada-Nya. Seperti yang disebutkan dalam surat cinta-Nya, ”Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.” (Al-Hujurat:13)

Betapa banyak manusia yang cantik fisiknya, namun tak bernilai dimata Allah. Tugas kita sebagai muslimah yaitu menjadikan segala pancaran kecantikan ruhiyah, fikriyah, dan jasadiyah ini menjadi bernilai dimata-Nya. Muslimah sepatutnya menjadi makhluk indah yang tidak hanya cantik, namun juga cerdas serta sholihah. Bagaikan cahaya, Ia mampu menjadi penerang bagi lingkungan sekitarnya. Maka saudariku, jadilah muslimah yang bercahaya bukan hanya dari peran-peran fitrahnya, tetapi ia juga bercahaya dalam segala hal yang berkaitan dengan pencapaian hidupnya dalam rangka penghambaan kepada Allah. Semoga Allah menetapkan saya, kamu, dia, dan mereka agar menjadi muslimah yang bercahaya karena pancaran kecantikan, kecerdasan, dan kesholihan sesuai dengan pandangan-Nya. Aamiin.

Wallahu’alam bish-shawab.

Writing Competition ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Indonesia Muslimah Fest bekerjasama dengan FLP Bandung. Ikuti lomba & Audisi lainnya seperti Lomba Menyanyi, Model Muslimah, Rancang Hijab dengan Hadiah Utama Tour Eropa, Asia dan Umroh juga Hadiah Ratusan Juta lainnya. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui:

web            : www.festivalmuslimah.com

Twitter       : @MuslimahFest

Fb              : www.facebook.com/FestivalMuslimah

 

*Boleh juga bantu di like, comment, dan share di link FB ini :

http://www.facebook.com/notes/tri-erniati/menjadi-muslimah-bercahaya/10151088087922167

Iklan

2 comments on “Menjadi Muslimah Bercahaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s