Antibiotik, koq setengah resep?!

Ini pengalaman saat magang di RS waktu liburan..
hari pertama masuk magang, dapet di bagian Asisten Apoteker..seperti yang udah aku jelasin sebelumnya ngapain aja kerjanya di bagian itu..

Sampai suatu ketika di hari itu, ada salah seorang pasien yang minta semua resepnya itu diminta setengah aja dari resep yang ditulis..Misalnya, diresep ditulis, amoxicillyn 10, paracetamol 10, ctm 10, tapi diminta setengah saja semua jadi yg diambil masing-masing 5..

Sontaklah aku kaget melihat peristiwa itu, maklum anak baru..anak baru tau ada kejadian kayak gitu..hehehe..

Kenapa kaget?jelas karena disitu ada antibiotik..seperti yang kita tau bahwa klo minum antibiotik itu harus DIHABISKAN..jadi, bagaimana klo cuma diminta setengah resep?
Apa jadinya ntu penyakit??

Aku tanya ke mba AA (Assisten.Apotekernya) biasanya kenapa alasannya ada pasien yg minta cuma setengah resep? Diantaranya itu, karena kurangnya biaya pengobatan, rata-rata harga obat kan bervariasi apalagi klo udah pake obat paten, wuuih harganya bisa banget tuh, bisa bikin kantong kempes..trus juga bisa karena emang pengen dicoba dulu obatnya, siapa tau ga cocok..(kyk baju aja, cocok atau ga klo dipake, hehe)..   :mrgreen:

Iya tapi kan, klo untuk antibiotik udah jelas klo tidak boleh diminum sembarangan bakterinya menjadi resisten, pasien jika diberikan obat antibiotik yang sama udah ga mempan lagi..jadi harus pake antibiotik yang lain..and klo bakteri yang udah resisten dari orang tersebut berpindah ke orang lain, maka orang lan tersebut pun akan menjadi resisten dengan antibiotik yg sama…Hmm, kasian juga para ahli farmasi harus buat turunan obat-obatan antibiotik baru lagi karena kebanyakan antibiotik di pasaran udah byk yg resisten pada sebagian orang..hmm, kerjaannya jd makin berat deh..akibat ketidakdisiplinan pasien ataupun kelalaian para petugas kesehatan…

Makanya aku bilang ke AAnya utk tidak memberikan antibiotik setengah resep..tapi kudu bilang dulu ke pasiennya..Tp jawabnya, yaa agak bingung gtu mba AAnya..beliau malah mengomentari apa yg aku bilang..”owh, iya tau..itu pelajaran farmakologi di awal-awal ya..”
and dengan santainya melanjutkan kerjaannya yaitu membuat copy resep..

Yups, betul..karena baru setengah resep yg di ambil, maka harus dibuatkan copy resep..agar pasien bisa menebus kembali sisa resep yang belum diambil..Mudah2an pasiennya, kembali mengambil sisa resep itu sebelum antibiotiknya yg hanya diambil 5 butir itu habis..padahal pasien itu harus menghabiskan 10 butir antibiotik ciprofloxacin..Hmm..semoga saja..

Sempat berkomunikasi sama AA di bagian gudang obat, ternyata di RS. itu memang dibolehkan mengambil antibiotik setengah resep..
“Aneh ya?padahal di RS lain ga boleh lho”..kata mba itu..
“Ya iyalah mba,,,,aneh bgt..” kataku
Eh, parahnya: “Biarin ajalah, orang bukan aku ini yang sakit..” kata mba itu..   😦

Waduh..waduh..ini ini yang parah..apa jadinya klo para praktisi kesehatan udah ga peduli lagi dengan kesehatan pasiennya..pantas aja orang-orang sakit dimana-mana makin banyak..Astaghfirullahaladziim..

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam berkasih sayang dengan sesama mereka seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuh sakit, maka seluruh tubuh akan merasakan sakit” (HR. Bukhari & Muslim).

Semoga Allah selalu melembutkan hati kita dan menggerakkan diri kita utk dapat membantu sesama, mendoakannya, menyemangatinya sehingga tidak ada lagi ketidakpedulian atas kondisi saudara kita tersebut, contohnya dalam kasus resep tadi..

and yang pasti for all..utk antibiotik mohon dihabiskan ya minumnya..
mdh2an aja, kita ga dikasih antibiotik terus sama dokter..bosen lah, dikit-dikit antibiotik, dikit-dikit antibiotik..kasian sistem imunnya klo terus menerus keseringan di kasih antibiotik,,

Semoga, tenaga2 kesehatan kita semakin cerdas, cepat, tanggap dengan segala permasalahan kesehatan..Berharap hanya Allah saja yang membalas dengan balasan yang lebih baik..Amiin..

*najmthree*
(calon apoteker, insyaAllah :))

Ya Allah, Aku ingin menulis…

Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Segala puji dan syukur aku panjatkan hanya untuk-Mu Ya Robb, Pemilik alam semesta, Al  Murobbi Al Haq, Yang tak pernah berhenti dari mengawasi makhluknya..

Udah lumayan lama, ga posting tulisan ataupun menulis di blog kesayangan ini..entahlah karena kehilangan inspirasi, kehilangan mood, kehilangan semangat, ataupun mungkin kehilangan orientasi..astaghfirullahaladziim. 😦

sebenarnya segala inspirasi sudah sering terlintas di benak, tapi sulit menuliskannya..sulit karena terlalu banyak kompromi antara pilihan menulis atau tidak..menulis atau tidak..

haduh, pusing lama-lama klo begitu..

ya sudah, tuliskan sajalah..biar ramai.. (Lho!?) :mrgreen:

Bismillah, Aku bisa!!!Semangat itu harus kembali lagi dibangun..Ku tak ingin hanya menjadi penonton, tapi aku juga ingin menjadi seorang pemain…

Karya membuat kita ada..begitu kata salah seorang teman…

Sudah terlalu banyak motivasi-motivasi yang datang silih berganti, namun semua kembali ke kita..apakah diri kita mau mengambil, menyerapnya, kemudian mengaplikasikannya atau tidak…

Sudah lama, hanya bisa berkata-kata, tp harus bisa ditunjukkan kembali dengan amal…

Malam ini, ku mulai kembali motivasi itu dengan berkata pada Allah…Tentunya dengan kerinduan hati..

“Ya Allah, aku ingin menulis…”

Dalam menulis pun banyak hal-hal yang mendasari tujuan kita untuk menumpahkannya dalam kata-kata, barisan huruf-huruf tersusun rapi yang terkadang penuh makna tapi terkadang juga tanpa makna..

Semua itu tergantung niatnya, kembali lagi kepada hadits pertama dalam hadits Arba’in itu..

“Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan…….” (H.R.Bukhari dan Muslim)

Berharap banget bahwa Allah menjaga segala niat-niat kita dalam menulis, bukan untuk mengharapkan banyak pujian ataupun berharap banyak komentar dari orang lain, jangan sampai kita kehilangan orientasi dalam menulis..tapi yakinkan diri bahwa kita menulis untuk menebarkan kebaikan, saling mengingatkan, dan tentunya mengharapkan ridho-Nya..

Ini sesungguhnya, pengingatan buat aku pribadi, and juga buat yang lain agar senantiasa bersabar dan meluruskan niat-niat kita dalam menulis..

So, Tetap semangat untuk menulis..berbagi ilmu, pengalaman, menjalin ukhuwah dengan saudaramu..

and Niatkan itu semata-mata karena-Nya…

Afwan, jika sebelumnya belum banyak tulisan manfaat yg bisa di share..

semoga kita tidak pernah bosan utk berusaha… 🙂

*Najm_Three*

(kangen nulis lg)

10 Orang Dijamin ke Surga..

Subhanallah..Segala Puji hanya Bagi Allah Robb semesta alam , yang menciptakan bumi ini terhampar luas sebagai tempat bagi hamba-hamba-Nya untuk leluasa beribadah pada-Nya..

10 Orang yang dijamin ke Surga..Siapakah mereka???

“yang pasti, kita tidak termasuk dalam 10 orang yang mendapat jaminan Allah ke Surga. tapi yakinlah bahwa kita bisa menjadi orang setelah mereka yang akan ditempatkan Allah ke surga-Nya. Salah satunya,  dengan cara meneladani mereka…”

Alhamdulillah, buku ini bisa kita baca untuk mengambil berbagai ibroh dan keteladanan dari orang-orang yang sudah dijanjikan surga oleh-Nya..

Selamat membaca…Semoga bermanfaat… 🙂

“10 Orang Dijamin ke Surga oleh Abdullatif Ahmad ‘Aasyur..

By najmthree Posted in Hikmah