Usai Ramadhan..

Alhamdulillah setelah sebulan kita puasa, sampailah kita pada stasiun idul fitri 1430 H..Puasa taun ini, tdk genap 30 hr namun hanya sampai 29 hari…Sedih rasanya meninggalkan bulan ramadhan yang penuh ampunan, penuh berkah Allah, penuh dengan pahala2 berlipat ganda, dan penuh dengan kenikmatan berbagi…Subhanallah, luar biasa :).

Ramadhan memang bulan tadhribat, saat itu kita dilatih untuk menahan diri dari makan, minum, hal-hal yang tidak bermanfaat,,,dilatih untuk terus mendekatkan diri pada Allah, dilatih kesabarannya, keikhlasannya dalam menjalani setiap aktivitas ramadhan, dan berbagai macam hal yang pada akhirnya bisa kita petik buahnya di 11 bulan berikutnya..

Ramadhan merupakan bulan tarbiyah, yang mendidik kita untuk bisa mencapai gelar taqwa..seperti yang Allah bilang di surat cinta-Nya mengenai puasa :

“Wahai orang-orang yang beriman! diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.” (Q.S. Al-Baqarah : 183)

Usai ramadhan, semoga Allah mengampuni segala dosa-dosa kita, semoga segala amal ibadah kita diterima oleh Allah, dan berharap bahwa Allah mempertemukan kita dengan ramadhan selanjutnya…

Pada idul fitri nan indah ini, jangan lupa untuk meminta maaf sama keluarga, dan saudara-saudari kita yang lain..karena kita tdk pernah tau seberapa banyak kesalahan-kesalahan kita pada mereka baik yang sadar maupun tidak sadar..

“Barang siapa memaafkan ketika mampu membalas maka Allah akan memaafkannya pada hari yang sulit.” [HR. Thabrani]

“Tetapi orang yang bersabar dan mema’afkan, sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS Asy-Syura: 43)

Oleh karena itu saudara-saudariku yang dirahmati Allah, aku mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan-kesalahanku baik karena prasangka, kata-kata, tingkah yang tak berkenan di hati kalian..

Semoga Allah senantiasa menetapkan kita dalam keistiqomahan dalam menjalanakan ibadah2..Sehingga usai ramadhan, dapat melahirkan kekuatan baru, semangat baru, perubahan yang berarti baik dari sikap, tutur kata, dan terutama ibadah-ibadah kita.. Amiin..

* Najm_Three*

(Semangat tak kan pernah usai!)

By najmthree Posted in da'wah

Ramadhan akan segera berlalu…

Tak terasa waktu begitu cepat bergulir. Rasanya baru kemarin kita memasuki bulan romadhon ini, namun kini ramadhan akan segera berlalu..Sedih.. 😦 . Aku ngerasa belum maksimal bgt dalam melaksanakan ibadah2 romadhon.. Batal puasanya pun, banyak bgt..entah mengapa, mungkin karena kelelahan..jadi si sakit datang di awal romadhon + si tamu bulanan terlalu lama datang..hiks..lagi-lagi…

Alhamdulillah, di malam ke 27 romadhon..Aku bisa melaksanakan sholat tarawih di masjid dekat rumah..namun, saat menghampiri masjid, hatiku terasa sangat miris..Aku melihat masjid kini begitu sepi, di akhwatnya cuma tinggal 2 shof..berbeda sekali saat awal-awal romadhon dimana masjid dipenuhi oleh jamaah manusia bahkan sampai ke pelataran luar masjid…

Setelah selesai sholat, aku pergi ke pasar palmerah untuk membeli amplop pesanan ibu..Fiuhh, hati miris kembali melihat di pasar begitu ramai..parkiran motor, penuh banget…jalan juga agak macet.. Inikah fenomenanya, dimana 10 hari trakhir..orang-orang sudah mulai meninggalkan masjid dan malah meramaikan mall atau pusat-pusat perbelanjaan karena sudah sibuk memikirkan persiapan lebaran??

Kenapa ga, siang aja gitu berbelanjanya..belanja dan prepare utk idul fitri sih gpp..Asal ibadahnya jangan dilalaikan begitu saja..

Justru 10 hari terakhir inilah yang harusnya kita semakin bersemangat menunaikan ibadah2 yang mungkin masih blm cukup kita lakukan di hari ramadhan sebelumnya..

Aisyah ra berkata: Rasulullah saw melakukan i’tikaf di sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan) sampai Allah mewafatkan beliau. Kemudian para istrinya melakukan i’tikaf sepeninggal beliau. (HR. Bukhari dan Muslim)

Saatnya utk terus menginstrospeksi diri kita, sudah sejauh mana ibadah2 kita? sudahkah kita semakin mendekat pada Allah? sudahkah kita merasakan nikmatnya puasa, indahnya romadhon? Atau jangan-jangan kita hanya telah mendapatkan rasa lapar dan haus saja, namun tak ada peningkatan dalam hal ibadah?...

“Berapa banyak orang yang berpuasa namun ia tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga…” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mudah2an Allah menjauhkan kita dari semua itu..Amiin.. 🙂

Saudaraku, masih ada waktu beberapa hari lagi utk kita mengejar ketertinggalan ibadah2 kita.. Sedih dan beratnya meninggalkan bulan ramadhan 😦 …berharap setiap bulan, seperti bulan ramadhan ini (sungguh indahnya)…Mari hidupkan ramadhan kita yang sebentar lagi akan segera berlalu…Mudah2an Allah masih memberikan kita kesempatan untuk berjumpa dengan ramadhan selanjutnya..Amiin..

*najmthree*

(Ingin kau tetap disini, ramadhanku! )

By najmthree Posted in da'wah

Hehehe.. Gigi Pak De

Alhamdulillah, malam itu aku bisa tarawih di masjid. Hmm..senangnya 😉 . Jam setengah 9 mlm, tarawih selesai..Aku pulang ke rumah yang lumayan sepi ketika itu, karena papi and mami lagi ngejemput A’panji dan istrinya di airport..Asyiik, akhirnya dede rahman yg ditunggu, akan datang dari bengkulu juga ni..Kangen deh :mrgreen: .

Setelah beberapa menit, sampe rumah..Pak de ku yang rumahnya ga jauh, cuma beda beberapa rumah dariku mampir ke rumah utk nanyain ortuku dah pulang apa blm..papi and mami emang blm pulang jam segitu, a’panji aja baru sampe jam 8an..

Sambil menunggu papi, mami,,pak de makan jeruk yang udah tersedia di meja… Dengan asyiknya pak de makan sampe titik penghabisan jeruk..hoho..(Lebai). Sampahnya pun blm di buang, dan ditaruh di meja..Ya sudah, aku yang lagi di dapur langsung bergerak untuk mengambil kulit jeruk yang tadi untuk di buang…

Tiba-tiba pas melangkah mendekati meja….”Aduh, apaan ni?”..ternyata aku menginjak sesuatu..Dan aku jg ga mikir bgt yang aku injek tuh apa, aku kira itu sampah dari mana gitu..tapi koq sakit jg ya nginjek itu…Hmm..ga tau ah..aku buang aja sampah tersebut di dalam kulit jeruk tadi lalu ku taruh di tempat sampah dapur deh..beres kan…. 😉

Si pak de, abiz makan jeruk juga langusng naik ke lantai atas buat liat kamar kosan…Eh pas turun, pak de langsung nanya ke aku..

Pak de : “Erni, kamu liat gigi palsu pak de ga?”..”pak de baru nyadar, tadi abis makan jeruk koq tiba-tiba gigi palsunya ilang ya”

glek! Aku langsung mikir ..jangan-jangan…tunggu-tunggu-tungggu, harus dipastikan dulu….

(Aduh-aduh..pak de ni, saking keasyikan makan jeruk sampe ga nyadar klo 1 gigi seri palsunya jatoh…Hehehehe)

Erni : “masa sih pak de? Hmm..tadi aku jg nginjek sesuatu gtu pak de, tp ga tau itu apaan, jangan-jangan itu gigi palsu pak de lagi?”

(hihihi, sambil tak bisa menahan tawa :mrgreen:

Pak de : “Mungkin iya jg ni..sekarang dimana?”

Erni : “Tadi dah ku buang bersama kulit jeruk itu, di tempat sampah dapur…”

pak de : “Coba liat dulu…biar pak de cari lagi..”

(Aku tunjukkin deh kulit jeruk yang tadi…, Alhamdulillah ga berserakan jadi pak de gampang nyarinya…Hehehehe)

Pak de : “Nih dia gigi palsu pak de, ketemu jg…Erni, erni, untung giginya ga kebuang kemane gt…Lumayan ni, harganya 150 rb..hahaha”

Erni : “hahahaha :mrgreen: , pak de..pak de..ada-ada aja ni..”

(lain kali hati-hati ya pak de klo makan..masih mending jatuh keluar tuh gigi, daripada jatoh ke dalem alias ketelen, hihihihi..)

Sampe kejadian selesai, aku masih belum bisa nahan tawa..hehehe..lumayan, pengalaman menghibur di malam romadhon…Hohoho, peace yo pak de… 🙂

*najmthree*

( gigi oh gigi)

Sepotong mutiara cinta dari ukhtiQu..

Sepotong mutiara cinta dari ukhtiQu,,

Tak pernah berhenti menyapa hariQu,,

Selama mahkota ukhuwah masih tersematkan,,

Dan Cahaya cinta-Nya tetap benderang,,

* Jazakillah khoiron katsiir buat ukhti2Qu yang selalu memberikan semangat dan perhatinnya. Semoga Allah melimpahkan kasih sayang dan rahmat-Nya pada kita semua. Senangnya mendapat kata-kata tausiyah yang begitu indah dari kalian…Tetap saling mengingatkan ya.

Teruntuk para muslimah, yang membaca tulisanku….

Ku kutip, sepotong mutiara cinta yang dikirimkan ukhti2Qu…

“Kaktus memang tak secantik mawar atau jasmin, tp aku mengaguminya. Indahnya kaktus dipandang gersang, cantiknya mempesona kepenatan sang mata yang memburu keteduhan..Tegar dan amat sederhana..Durinya begitu menyakitkan jika tersentuh, namun dari sela-sela duri itulah sang kaktus menguncup dan memekarkan bunga yang indah..Ia anggun di tengah angkara badai, ia tegar di tengah gersang.

Saudariku,,cantik dan tegarmu menyerupai kaktus,, Tetaplah tersenyum dan bersabarlah karena Allah bersamamu. SEMANGAT 😉 !”

and satu lagi nih… :mrgreen:

“Ya Allah..Ya Robb..Kuselipkan do’a ini diantara semua ibadahku..Untuk wanita cantik, tulus, dan bersih hatinya. Wanita kuat, tegar, dan teguh. Wanita yang sabar dengan segala cobaannya. Wanita yang taat dan sholehah..Wanita itu sedang membaca tulisanku ini..

Ya Allah..Aku menyayanginya, berikan kebahagiaan  dunia akhirat dan derajat yang paling mulia disisi-Mu..Amiin, Ya Robb..”

*Subhanallah, sepotong kata-kata yang indah..teruntukmu para muslimah, semoga bisa memberikan semangat baru untuk terus mendekat pada Allah, dan merasakan indahnya merajut ukhuwah karena Allah”

Ana Uhibbukunna Fillah…. 🙂

*NajmThree*

(Luv U ukhti2Qu)