Talking About Beauty..


Bicara tentang kecantikan, pasti ga abis-abis :mrgreen: . Definisinya pun macem-macem..Saat ini, kecantikan fisik seperti modal yang utama, kemana-mana pasti dilirik tuh yang cantik..Entah mungkin frame orang yang disebut cantik itu hanya parasnya aja? Hmm..klo ditanya cantik menurut kamu gimana? Dulu, aku mungkin jadi orang yang berpikiran sama dengan orang-orang kebanyakan..Cantik, ya orang yang parasnya oke. Tapi sekarang, Alhamdulillah..Coba liat dari sisi yang berbeda..Cantik, menurutku bukan orang yang cantik parasnya, tapi lebih kepada cantik hatinya, cantik akhlaqnya, cantik ruhiahnya, cantik akalnya, and berbagai kebaikan-kebaikan lainnya.. 🙂

Kecantikan itu ada yang Dzahir dan Ghoiru Dzahir..Kecantikan dzahir itu yang emang Allah udah langsung ngasih, misalnya ada orang yang wajahnya cantiiik bgt. Tapi klo kecantikan ghoiru dzahir itu lebih kepada kecantikan hati, akhlaq, dan sebagainya, yang memperolehnya pun dengan usaha, ga cuma-cuma seperti kecantikan dzohir yang Allah kasih.. makanya, terkadang ada orang yang ga cantik dibandingkan si cantik tapi koq enak ya deket orang itu, truz keliatannya cantik aja..mungkin itu karena kecantikan ghoiru dzohirnya yang luar biasa, makanya auranya pun baguuus aja. Dalam satu buku aku pernah baca, ada dua orang perempuan dateng ke rumah yang punya acara, perempuan satu wajahnya cantiiik bgt, and yang satu lagi biasa aja..tapi si pemilik rumah lebih senang dan adem ketika ngeliat perempuan yang wajahnya biasa aja ini. Sepertinya tersimpan aura yang indah dari diri si perempuan ini. Akhirnya si pemilik rumah nanya sama perempuan ini, rahasia kamu apa sampe bisa terlihat begitu memikat? Kata perempuan ini, “Saya tidak pernah perawatan yang gimana-gimana, tapi saya hanya selalu menjaga Sholat Tahajjud saya.”..Subhanallah :D, begitu luar biasanya hikmah dari sholat tahajjud dan kedekatan perempuan ini sama Allah, jadilah Allah memberikan wajahnya begitu bercahaya, dan terlihat cantik…walaupun bila dibandingkan sama perempuan satu lagi yang lebih cantik..

Allah bilang : “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.” (Al-Hujurat:13)

Lebih miris lagi karena sekarang wanita seolah-olah di eksploitasi dengan berbagai macam iming-iming seputar kecantikan, dan pandangan yang salah mengenai kecantikan itu sendiri. Berbagai iklan-iklan dan produk kecantikan bertebaran dimana-mana, kosmetik semakin beragam. Sehingga terkadang, ga bisa lepas tuh sama yang namanya make-up klo kemana-mana, ke kondangan, ke kampus, sampe ke pasar, juga ga bisa lepas sama benda-benda itu..Apa ga kasian wajahnya dipakein make-up mulu, kapan istirahatnya? mending natural aja, tanpa make-up..karena sejatinya kecantikan orang akan lebih terlihat jika dia dalam posisi apa adanya, natural, tanpa make-up.. karena make-up sering mengubah kita menjadi berwajah lain, bisa dibilang makin cantik atau malah makin ga banget deh.. Aku pribadi, baru bisa bilang seseorang cantik klo emang orang itu cantik apa adanya ga dipoles-poles pake make-up, karena dengan dipoles-poles gitu, kecantikan yang ada hanya sebuah topeng..bukan aslinya.. padahal Allah sudah menciptakan kita dengan sebaik-baik rupa..Dan yakinlah bahwa kita sudah diberikan kecantikannya masing-masing oleh Allah.

Allah bilang : “…..dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah lakku) seperti orang-orang jahiliyah dahulu….” (Al-Ahzab : 33)

Semoga Allah menghindarkan kita dari hal itu…..

Sesungguhnya kecantikan yang sebenarnya bukan hanya terletak pada kecantikan paras, tetapi yang terpenting adalah kecantikan hati, kecantikan akal, kecantikan akhlaqnya, kecantikan ruhiah.. betapa banyak orang yang cantik parasnya, tapi tidak bernilai cantik dimata Allah..Karena yang harus kita lakukan adalah bagaimana diri ini, kecantikan ini pun bernilai dimata Allah.. penilaian manusia itu subjektif, tapi penilaian Allah sungguh objektif..Allah tidak melihat siapa yang paling cantik di antara kamu, tapi yang paling baik akhlaqnya, dan yang paling bertaqwa..

Semoga Allah menempatkan kita sebagai orang yang “cantik” sesuai dengan pandangan Allah Subhanahu wa ta’ala.. 😉

Wallahu ‘alam bish-showab.

*Najm_Three*

Iklan

3 comments on “Talking About Beauty..

  1. subhanallah…..
    emang definisi cantik kya gitu tuh yang bner…

    najm juga ghairi dzahir ko…
    cuit cuit…. aamiin…

    tetep jga kecantikannya ya….

    smoga qta trmasuk yang punya “kecantikan” ghairu dzahir. tp dzahirnya juga boleh tu… hihihi

    SMANGT orng2 “CANTIK….” ^^V

    Alhamdulillah de’.. Syukron ya. 😉 Semoga, setiap muslimah bisa menjaga izzahnya sebagai hamba Allah yang Sholihah ya de’..Amiin..

  2. subhanallah.. definisi cantik yang apa adanya oleh bintang membuat saya jadi memilih esok akan mencari seorang pendamping yang wajahnya cantik
    namun hatinya jauh melebihi cantik daripada wajahnya.. mang kita mau nikah ma wajah doank apa hehehe.. terima kasih ya tulisannya..

    Amiin..hehe 😀 sami-sami pak.

  3. yup.. definisi cantik yang oke bgt..
    makanya kita jangan lupa tuk sll berdo’a saat bercermin
    agar akhlak kita menjadi lebih “cantik”.. dari pada dzohirnya,
    dan cantik akhlaq dan hati lebih diterima org terdekatnya dibanding orang yang cantik parasnya tapi buruk perangainya..
    semoga kita sll diberi kekuatan oleh Allah dlm usaha mempercantik
    akhlaq kita, amiiin..

    Amiin…..betul..betul..betul…setuju mba. :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s