Biarkan Jilbabku bersemi indah (Part1)

Biarkan jilbabku bersemi indah, itulah salah satu novel yang menyentuh hatiku, yang memantapkan aku untuk menutup aurat. Alhamdulillah, pada akhirnya Allah memudahkan aku untuk berhijab.

22 july 2004. Give Thank’s to Allah…I began to be a new person…

hijab11

Untuk menggoalkan semua itu, aku sedikit mendapat hambatan especially dari ortu. Why?yah, saat pertama aku mengutarakan keinginanku untuk berjilbab, ibuku heran. agak ga percaya. koq tiba2?Mungkin ibuku ga yakin klo aku mw pake jilbab secepat itu. padahal baru lulus SMP, ibuku takut klo aku akan lepas jilbab nantinya, takut ga serius, bilangnya gini “klo mau pake jilbab itu selamanya, ga boleh di lepas-lepas lagi”, kata mama.

Aku bilang “ya iyalah ma, insyaAllah erni yakin akan pake jilbab terus”…Sampai aku teruslah berusaha untuk meyakinkan. Aku bilang klo aku ga suka di ganggu klo lg jln kmn2. Dgn berjilbab aku ngerasa lebih aman, kedua kita ga akan pernah tau umur kita sampai kapan. aku ingin aku benar2 telah berjilbab, memenuhi kewajibanku sbg seorang muslimah dengan menutup auratku, sebelum umurku habis. Hiks..Hiks.. jujur aku sedih bgt setelah pembicaraanku sama ortu yg responnya kurang baik…

Alhamdulillah, walaupun disambut kurang baik sama ibuku namun aku ga menyerah. Pas beli seragam SMA di 70, aku minta semuanya panjang, kan aku dah persiapan akan berjilbab pas SMA. Ibuku membelikannya, tp ttp dgn wajah yg cemberut dan nada bicara yg krg ramah padaku.

Aku ngerti kondisinya, kenapa ortuku pada saat itu agak kurang ngedukung dgn niatku berjilbab terutama ibuku, mungkin berjilbab saat muda, terlalu dini di pikiran mereka. Coz yg ibuku tau, klo dah haji wajib pake jilbab. Tp Alhamdulillah, saat ini ortu sdh mulai paham dgn kewajiban berjilbab. Semoga ortuku tetap Istiqomah.

Biarkan jilbabku bersemi indah, salah satu penginspirasiku..Di novel tersebut byk menggambarkan gimana perjuangannya akhwat2 jaman dulu tuk pake jilbab di sekolah. mereka dulu utk pake jilbab harus ngumpet2, sampe sekolah selalu ditentang, disuruh buka jilbab secara paksa, dan lain-lain. Pokoknya beda bgt sama kita sekarang yang udah enak klo pake jilbab. kapan aja bisa pake, ga ada yang ngelarang, ga aneh juga karena org2 berjilbab sudah banyak. Bayangin, betapa bersyukurnya kita dengan kondisi ini. Maka, apalagi yang menghalangi kita untuk berjilbab, untuk menutup aurat kita. padahal Allah udah bilang dalam surat an-nuur ayat 31

َقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا مَا ظَهَرَ مِنْهَا

وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya.” (QS. An Nuur: 31)

Dengan berjilbab, kita akan merasa lebih aman dan tenang dari ganguan, lebih menjaga kehormatan seorang perempuan, terlindung juga dari sengatan matahari and segala polusi yang lama-lama mungkin bisa ngerusak kulit kita. jilbab adalah identitas seorang muslimah. Sehingga muslimah tersebut lebih dikenal, lebih dihormati. Ketika seorang muslimah taat pada Allah, maka ia nggak akan segan untuk menolak perintah Allah tentang berjilbab. karena tentu saja hikmah di balik jilbab begitu banyak..Coba aja, rasain dey begitu byk nikmat allah yang tidak terduga.

kata Allah…

“Hai Nabi, Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Hmm..So, berjilbab begitu menyenangkan! Klo mw jd muslimah yang disayang Allah, tentunya jg harus mau ngejalanin apa yang Allah mau untukmu…

Semangat Saudariku! Sesungguhnya Allah bersama kita…

Tetaplah menjaga…

Agar Jilbabmu bersemi Indah

Agar dirimu bahagia

Dengan Perintah-Nya

Karena Andai kau tau

Itulah Bukti, rasa sayang Allah padamu

*najm_three*

(home alone)

Iklan

Inginku menangis…

Inginku menangis…

ketika diri ini tak sanggup menjalankan amanah dengan baik

ketika diri ini mencurahkan segala keluh kesah pada-Mu

Di saat diri ini melihat fenomena dunia

Di saat diri ini ingin menajamkan mata hati

Inginku menangis…

ketika waktuku banyak terbuang sia-sia

ketika amalanku tak dihiasi ridho-Nya

Di Saat Allah memberiku ujian

Di Saat Allah memberiku keindahan…..

Tak hanya sekedar menangis

Tak hanya sekedar merenungi

Adakah upaya perbaikan diri?

Hanya untuk mencapai Ridho-Mu, Yaa Robbi

*saudaraku…

Menangislah…

Semoga hal demikian dapat melembutkan hati dan
menjadi penyejuk serta penyubur iman dalam dada.

Ingatlah hari ketika
manusia banyak menangis dan sedikit tertawa karena dosa-dosa yang
diperbuatnya selama di dunia. “Maka mereka sedikit tertawa dan banyak
menangis, sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan”.
(QS At Taubah: 82).

Menangis merupakan sebuah bentuk pengakuan terhadap kebenaran.

“Dan
apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada rasul
(Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan
kebenaran (Al Qur’an) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab
mereka sendiri) seraya berkata: “Ya Robb kami, kami telah beriman,
maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas
kebenaran Al Qur’an dan kenabian Muhammad)”. (QS. Al Maidah: 83).

Wallahu’alam bish-showab…

*Najm_Three*

(saat malam hapuskan wajahnya dari bintang)

Untukmu Bintang

stars_sm

Untukmu Bintang

Masa itu telah terlewati

Ketika diri ini tak sanggup mendaki

Mencari cita untuk dunia

Cita untuk pengabdianku pada-Nya


Namun kini aku tegak berdiri

Menanti datangnya pelangi

Menjalani setiap detik kehidupan

Dengan segala pengharapan


Bahwa hari ini kan lebih baik dari kemarin

Hari esok kan lebih baik dari hari ini

Asal diri ini mau mengerti

Pada segala takdir illahi


Yakinlah bahwa kau kuat

Yakinlah bahwa inilah tempat yang tepat

Untukmu berjalan dalam da’wah

Untukmu berjalan dalam limpahan ilmu-Nya


Allahlah yang berkehendak

Diapun Yang Maha Tau untukmu bertindak

Walaupun tangismu meminta

Tetapi Allah tetap berkuasa


Maka untukmu bintang….


Teruslah membawa cahaya terang

Dimanapun kau tetap cemerlang

Memberi manfaat untuk menaburkan cinta

Menyirami dan merawat butir-butir keimanan pada-Nya


*Najm_Three*

( 13/12/08 )

“Di hari yang penuh memori”

By najmthree Posted in Puisi

Mengapa Najm_Three?

Najm_Three???

Kenapa siy najmthree?Kenapa ga pake nama asli aja? Kenapa? Tanya, kenapa?lo!

awalnya siy di FS emang nulis nama sendiri, tapi pengen aja ganti nama jd sesuatu yang beda..bingung ga yah, nyari nama pena?Ga juga…Coz, nama yang aku buat itu cukup sreg and familiar buat aku.

Beginilah ceritanya…

Najm berarti Star atau bintang. I love star. Bintang-bintang  dilangit begitu indah, begitu mempesona dengan cahayanya selalu berkedip-kedip cantik. Siapakah yang menciptakan langit klo bukan Sang Maha Kreatif dan Maha Indah, Allah Subhanahu wa ta’ala. Apalagi ketika gugusan bintang itu terhampar luas, dan terlihat semua oleh mata kita. Seperti replika rasi bintang di langit yang aku lihat di planetarium. Subhanallah, walaupun cuma replika tapi begitu indah, bahkan aku tak kuasa menahan haru, tak terasa air mata ini meleleh, merasa kecil dihadap Sang Maha Pencipta Jagat Raya…

Bintang juga dapat dianalogikan dengan banyak hal. Perjalanan hidup bintang seperti perjalanan hidup manusia. Bintang mengalami kelahiran, aktivitas hidup dengan memancarkan cahanya, dan  juga akan mengalami kematian, setelah bintang itu mati maka bintang akan kehilangan cahaya dan redup. Namun masih ada bintang yang tetap bercahaya walaupun sudah mati. Klo Diibaratkan dengan manusia, apakah setelah kita meninggal cahaya itu masih akan tetap bersinar?Upaya apa yang sekarang sudah kita lakukan untuk membuat cahaya itu tetap bersinar terang nantinya? (kembali kepada diri kita masing-masing)…Cahaya ini masih bisa terus hidup jika amalan yang kita lakukan bermanfaat bagi umat.

*Cahaya bintang, terlihat begitu berkelap-kelip dilangit malam. tetapi sebenarnya cahaya itu sampai ke penglihatan kita dalam waktu yang sangat lama. Cahaya itu menempuh jarak dalam satuan tahun (light year). Bayangkan,  Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, yang tepatnya… Satu tahun cahaya mempunyai jarak 9.460.800.000.000 kilometer. Misalnya Rig-K atau alpha centauri merupakan bintang yang paling dekat dengan kita, berkisar 4,5 tahun cahaya (sekitar 42 juta juta km). Berarti cahaya yang kita lihat dari bintang alpha centauri merupakan pancaran cahaya dari 4,5 tahun yang lalu. Kita melihat cahaya dari masa lampau! Subhanallah! Begitulah alam semesta yang Allah ciptakan ini penuh dengan keajaiban. Kekaguman pada ciptaannya, seperti bintang-bintang…semakin membawaku pada belai keagungan-Nya…

” Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, Yang Menjadikan mati dan Hidup, Supaya Dia Menguji kamu ,  siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun, yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?Kemudian pandanglah sekali lagi, niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan suatu cacat, dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah”.  (Q.S. Al-Mulk: 1-3)

Three???

Three berarti Tri atau tiga…Diambil dari nama depanku, jadi ga bener2 menghilangkan unsur namaku cuma ditulis dengan bahasa yang berbeda. three, Aku juga suka dengan bintang alpha centauri atau Rig-K karena Rig-K merupakan bintang yang paling cerlang di belahan langit selatan, di selatan konstelasi Centaurus. Ternyata, Rig-K merupakan sistem tiga bintang (sebut saja sebagai trinari), yang merupakan bintang ke empat paling cerlang di seluruh langit. Rig-K bisa dengan mudah ditemukan sebagai titik terjauh pada arah barat konstelasi Langit Selatan. Lagi..Lagi, tak lepas dari rasa kagum ini pada-Mu, yang telah menciptakan gugusan bintang-bintang dilangit.

” Demi Langit Yang mempunyai Gugusan Bintang-bintang”. (Q.S. Al-Buruj :1)

*Kurang lebihnya, seperti itulah kenapa aku suka menggunakan nama pena ini. Bukan berarti nama asliku tidak bermakna..Alhamdulillah, orangtua dan Alm.kakekku memberikan nama yang baik padaku..Mudah-mudahan Allah memberkahi mereka…

*Apalah arti sebuah nama, jika nama-nama tersebut tidak sesuai dengan cerminan diri kita..

*Apalah arti sebuah nama, apabila nama itu hanya bisa membuat diri kita menanggung ketidaksesuaian antara label dan produknya…

*Dan Apalah arti dari sebuah nama, apabila Allah tidak ridho dengannya…

*Semoga Allah selalu menjaga kita dalam keimanan dan kebaikan, dijauhkan dari panggilan atau nama-nama yang tidak baik..

*Semoga Allah juga melimpahkan kasih sayang-Nya buat kita yang senantiasa memahami saudara-saudaranya…

Wallahu’alam bish-showab…

By : Tri Erniati

With my inspiration book  “Seperti Bintang-bintang”

Me As Najm_Three

hari ini aku melihat pelangi

rainbow070627

Di sore hari yang penuh rupa

Wajah – wajah tampak berbeda

Suasanapun penuh keluh

Bercampur aduk menjadi riuh


terpaku mata ini melihat langit

selalu ingin tau sedang apa kau sekarang

ternyata dirimu sedang bercengkrama

dengan sahabat lama yang muncul lagi

selepas rintik-rintik air keluar dari celah awan


Pelangi indah nan rupawan

Terlihat mempesona bak permadani cahaya

Siap meluncurkan cinta dari setiap warna

Memberi arti di setiap ingatan


Hari ini aku melihat pelangi

Syukurku pada  iLLahi Robbi

Atas keindahan cinta-Mu

Yang Kau Bawa hari ini padaku


*Najm_Three*

By najmthree Posted in Puisi